WHAT'S NEW?
Loading...

Jawaban Agama Islam UAS 2013/2014

1.
a.
b. wujud Allah sebagai Wajibul Wujud (wujud yang pasti). Artinya, Allah swt. itu maujud, dan wujud-Nya merupakan hal yangdharuri (pasti) tanpa memerlukan sesuatu lain yang mewujudkan-Nya.
c.  "Ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhan kalian?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami melakukan yang demikian itu) agar pada Hari Kiamat kalian tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)." (QS al-A'raf [7]: 172).
 Makna fitrah yang tepat adalah seperti yang disampaikan oleh Ibn Abd al-Bar dan Ibn ‘Athiyah, yaitu karakter ciptaan dan kesiapan yang ada pada diri anak ketika dilahirkan, yang menyediakan atau menyiapkannya untuk mengidentifikasi ciptaan-ciptaan Allah dan menjadikannya dalil pengakuan terhadap Rabb-nya, mengetahui syariatnya, dan mengimani-Nya. 

2.
 a.    Dapat meningkatkan keyakinan anda bahwa rezeki pada hakikatnya sudah diatur dan ditentukan oleh Allah Swt, sehingga anda dapat menerima dengan ikhlas setiap rezeki dan dapat mensyukurinya dengan cara menggunakannya untuk hal-hal yang diridhai oleh Allah Swt.
b.    Mendorong orang beriman untuk meningkatkan iman dan keyakinannya kepada Allah Swt.
c.    Untuk mengingatkan bahwa semua sikap dan perbuatan yang anda lakukan selalu dilihat dan dicatat oleh malaikat Raqib dan Atid.
d.    Untuk mengetahui dan membuktikan keagungan, kekuatan, dan kekuasaan Allah Swt.
e.    Untuk mengajarkan manusia supaya bersifat sabar dalam menaati Allah Swt.
f.    Untuk meningkatkan ketakwaan manusia dengan mempersiapkan bekal untuk hidup di akhirat. Anda dapat melakukan hal itu misalnya dengan mengingat tugas malaikat Izrail yang sewaktu-waktu dapat mencabut nyawa kita, dengan mengingat tugas malaikat Munkar dan Nakir untuk menanyai setiap amal perbuatan manusia ketika di dunia.

3. Adapun tugas-tugas rasul adalah sebagai berikut.
  • Rasul membimbing umatnya menuju jalan yang benar agar mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  • Semua rasul menyampaikan ajaran tauhid, yakni mengesakan Allah SWT. Adapun peraturan agama (syariat) yang dibawa mereka berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi umatnya saat itu.
  • Kehadiran rasul untuk membawa kebenaran, kabar gembira, dan memberi peringatan kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang beriman kepada Allah SWT. Dengan demikian, mereka akan hidup bahagia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.
*

Mukjizat merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga manusia tidak mampu mendatangkan hal yang serupa

*

Karamah berasal dari bahasa arab كرم berarti kemuliaan, keluhuran, dan anugerah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Tuhan.

*

Ma’unah berarti pertolongan. Ma’unah adalah pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang mukmin untuk mengatasi kesulitan yang menurut akal sehat melebihi kemampuannya.

* wahyu adalah qalam atau pengetahuan dari Allah, yang diturunkan kepada seluruh makhluk-Nya dengan perantara malaikat ataupun secara langsung.
*
Sementara ilham adalah suatu perasaan halus yang diyakini oleh jiwa dan terdoronglah keinginan untuk mematuhi kehendak ilham itu tanpa merasakan dari arah mana datangnya.

CONTACT:



ONLY Whatsapp: 087816678146
Line: AntariksaBabibank
YM: remis123@ymail.com
HP: 087816678146 [Recommended Fast Response]
 BBM: 79A1BA11[Recommended Fast Response]
Id Kaskus: riksasmp1
 IG: @Antariksariksa
Twitter: @Antariksariksa 


0 comments:

Post a Comment