WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal jenis vitamin dan fungsinya

Vitamin dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing. Vitamin sendiri terbentuk dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Vitamin sebelum diserap oleh tubuh terbentuk sebagai provitamin atau vitamin yang belum aktif. Provitamin tersebut lalu dilarutkan oleh lemak atau air untuk diubah menjadi vitamin yang lebih mudah diserap oleh tubuh.
Jadi setiap makanan dan minuman yang kita konsumi akan menghasilkan jenis vitamin yang bermacam-macam. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai berbagai macam fungsi vitamin bagi tubuh manusia.
1. Vitamin A
Nama lainnya adalah Retinol. Kegunaan Vitamin A adalah untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk pendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas. Kekurangan vitamin A menyebabkan penuaan dini, katarak, dan daya tahan tubuh menurun. Kelebihan vitamin A menyebabkan haid tidak lancar dan gangguan pada kulit. Vitamin A bisa didapat dari buah-buahan dengan warna merah, wortel, sayuran berwarna hijau, hati, dan susu.
2. Vitamin B1
Nama lain adalah Thiamine. Fungsi vitamin B adalah untukkesehatan jantung dan fungsi syaraf serta mencegah penyakit beri-beri. Kekurangan vitamin B menyebabkan susah buang air besar. Penyakit beri-beri dan gangguan kulit lainnya serta imun tubuh menurun. Kelebihan vitamin B menyebabkan reflex otot berkurang dan system tubuh tidak seimbang. Vitamin B bisa didapat dari kacang-kacangan, roti, gandum, susu, dan daging tanpa lemak.
3. Vitamin B2
Nama lain adalah Riboflavin. Kegunaan vitamin B2 adalah untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, gangguan ringan pada kulit, bibir kering dan pecah-pecah. Vitamin B2 bisa didapatkan dari sayur bedrdaun hijau, kacang hijau, kacang kedelai, susu, buah pisang, daging tak berlemak.
4. Vitamin B3
Nama lain adalah Niacinamide. Fungsi vitamin B3 adalah untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan nafsu makan berkurang, susah tidur, badan letih dan otot kejang. Vitamin B3 bisa didapatkan dari alpukat, brokoli, daging, ikan, susu, sayur berdaun hijau dan roti.
5. Vitamin B5
Nama lain adalah Pantothenic Acid. Peran vitamin B5 adalah untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormone. Kekurangan vitamin B5 menyebabkan gangguan kulit, insomnia, kram otot, penyakit Paresthesia, vitamin B5 bisa didapatkan dari alpukat, sayuran brokoli dan daging.
6. Vitamin B6
Nama lain adalah pridoksin. Fungsi dari vitamin B6 adalah untuk kesehatan gigi, pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan system syaraf dan pembentuk antibody. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan anemia dan system syaraf terganggu. Vitamin B6 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan terutama pisang dan daging tak berlemak.
7. Vitamin B7
Nama lain adalah Biotin. Kegunaan vitamin B7 adalah untuk reaksi kimia dalam tubuh. Kekurangan vitamin B7 menyebabkan masalah kulit, kekurangan darah, susah tidur dan rambut rontok. Vitamin B7 bisa didapatkan dari kuning telur, ragi, daging tanpa lemak dan gandum.
8. Vitamin B9
Nama lain adalah asam folat. Manfaat vitamin B9 adalah untuk penurun resiko jantung, pembentuk sel-sel darah merah dan pencegah kecacatan otak janin. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan janin cacat dalam kandungan dan kurang darah atau anemia. Vitamin B9 bisa didapatkan dari kacang-kacangan, bayam, buah jeruk, tomat dan hati.
9. Vitamin B12
Nama lain adalah Methylcobalamin. Fungsi vitamin B12 adalah untuk pertumbuhan, kesehatan system syaraf dan pencegah anemia. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Vitamin B12 bisa didapatkan dari sayur-sayuran berdaun hijau, daging berwarna merah dan susu.
10. Vitamin C
Nama lain adalah Asam askorbat. Kegunaan vitamin C adalah untuk meningkatkan system imun tubuh, pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan mudah lelah, anemia dan sariawan. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, mentega dan ikan.
11. Vitamin D
Nama lain adalah Kalsiferol. Fungsi vitamin D adalah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan diabetes dan osteoporosis. Vitamin D bisa didapatkan dari susu dan pancaran sinar matahari.
12. Vitamin E
Nama lain adalah Tocopherols. Kegunaan vitamin E adalah pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin E menyebabkan mandul. Vitamin E bisa didapatkan dari gandum, minyak sayur dan minyak ikan.
13. Vitamin K
Nama lain adalah Menaquinones. Kegunaan vitamin K adalah untuk pencegah diabetes, dan pencegah osteoporosis. Kekurangan vitamin K menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Vitamin K bisa didapatkan dari alpukat dan sayur-sayuran berwarna hijau.
Oke, itu dia penjelasan singkat mengenai fungsi vitamin untuk tubuh manusia. Disertai juga mengenai akibat dari kelebihan dan kekurangan suatu vitamin serta sumber vitamin yang berasal dari makanan.

69 comments: Leave Your Comments

  1. Kanker serviks atau kanker leher rahim menyebabkan kematian No. Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui Wanita
    Ada di antara kalian pendatang diwaktu ini ke luar sana. Cara Mencegah Penyakit Kanker Ginjal Dengan Sayuran
    Siapa yg tak tahu tempe? Atau tahu? Atau lain kedelai olahan. Pencegahan Penyakit Kanker Prostat Dengan Kedelai
    Kanker paru-paru yaitu penyakit yg diam-diam mematikan. Gejala-gejala Kanker Paru-paru Yang Wajib Diketahui
    Biarpun tak ada trik yg terbukti utk mencegah kanker lidah. Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker Lidah

    ReplyDelete
  2. Salah satu kiat mengobati kanker mata memanfaatkan laser terapi (laser photocoagulation).Penanganan dan Pencegahan Saraf Mata Lemah
    Pandangan Anda memburam pada malam hari atau sulit melihat di cahaya temaram? Mungkin Anda mengalami nyctalopia atau rabun senja.Waspada Bahwa Rabun Senja Bukanlah Penyakit
    Trick mengurangi mata minus.Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami
    Mata kering ialah keadaan waktu mata tak dapat berikan kelembaban yg pass buat menjaga mata masih terlindungi.Pengobatan untuk Mata Kering
    Hordeolum merupakan potongan kemerahan & merasa sakit di kebijakan di bawah bulu mata atau kelopak mata.Cara Mengobati Hordeolum Pada Mata

    ReplyDelete
  3. very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
    Penyebab Sakit Pinggang
    Penyebab Tulang Belakang Terasa Sakit Saat Bangun Tidur
    Obat Batuk Disertai Demam
    Obat Batuk Tradisional
    Eye Care Softgel

    ReplyDelete
  4. Manfaat Minum Air untuk Mengatasi Telinga Berdengung Ternyata mengkonsumsi air minum yang cukup memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh salah satunya mengatasi telinga berdengung.

    ReplyDelete
  5. Ketahui Bagaimana Kandungan Brokoli Mencegah Kanker Rahim

    Kanker rahim merupakan jenis kanker berbahaya yang hanya menyerang kaum wanita dan salah satu cara agar tidak merasakan bahaya dari kanker rahim adalah dengan cara menghindarinya salah satunya dengan mengkonsumsi brokoli. Simak selengkapya di Ketahui Bagaimana Kandungan Brokoli Mencegah Kanker.

    ReplyDelete
  6. Obat Miom Herbal Dari Teripang Emas
    Tips Mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi dan Pencegahannya

    Meskipun miom bukanlah jenis penyakit yang berbahaya seperti kanker tapi bukan berarti Anda boleh mengabaikan penyakit yang satu ini. Anda tetap harus mengobatinya baik dengan cara alami atau medis.

    ReplyDelete
  7. oh ya terimakasih banget infonya dan juga artikelnya bagus mudah dipahami Obat Herbal Asam Urat

    ReplyDelete
  8. Thanks Semoga dengan adanya Khasiat Ace Maxs Bisa Bermanfaat Bagi Nusa dan Bangsa Amin

    ReplyDelete