WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal lebih dekat dengan karbohidrat by. Babibank

Karbohidrat (‘hidrat dari karbon‘, hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunaniberupasákcharon yang berarti “gula“) yang berarti segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi (Reece-Mitchell,2002: 65).

Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi dibagi dalam dua golongan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 
Karbohidrat sederhana bisa diartikan bahwa suatu karbohidrat yang terdiri hanya satu atau dua unit gula sederhana didalam sebuah molekkul. Sedangkan untuk karbohidrat kompleks mempunyai lebih dari dua unit gula sederhana dalam satu molekul. Karbohidrat kompleks umumnya dapat kita temukan pada roti gandum, bayam, ubi jalar, brokoli, buncis, zucchini, lentil, susu skim, biji-bijian dan banyak tanaman polongan dan sayuran lainnya.
Sedangkan karbohidrat sederhana dapat kita temukan pada roti putih, nasi putih, buah, dan kue.
   Karbohidrat kompleks memiliki nilai gizi yang lebih tinggi daripada karbohidrat sederhana. Mungkin agak membingungkan untuk membedakan karbohidrat sederhana dan kompleks karena fakta bahwa karbohidrat kompleks pun mengandung unsur tertentu yang sederhana. Namun demikian, membedakan keduanya seharusnya tidak menjadi masalah karena struktur kimianya sangat berbeda, dan karena itu, mereka dapat dibedakan oleh sifat gizi mereka. Untuk simpelnya cara membedakan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana apabila dari segi rasa untuk karbohidrat sederhana cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan karbohidrat kompleks yang memiliki rasa lebih hambar dan tekstur lebih kasar. 

Tapi ada waktunya tubuh kita memerlukan karbohidrat sederhana ini ,yaitu saat selesai beolahraga.Tubuh memerlukan asupan energi yang bisa diserap dengan cepat untuk memulihkan tenaga sehabis berolahraga. Sumbernya bisa dari buah-buahan atau susu protein. Walaupun kue merupakan karbohidrat sederhana akan tetapi sebaiknya tidak dimakan untuk setelah berolahraga karena bagaimana pun kue mengandung kalori yang tinggi dan apabila untuk jumlah kalori yang sama dengan buah kelengkapan gizinya sangat jauh dengan buah yang kaya akan vitamin dan serat.

Sedangkan untuk penggunaan karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh anda. Karena karbohidrat jenis ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh maka kemungkinan kalori yang tersisa untuk disimpan dalam sel lemak menjadi lebih sedikit. Konsumsi karbohidrat kompleks lebih dianjurkan dimakan baik 3-6 jam sebelum berolahraga diharapkan kalori yang tersuplai nanti dapat digunakan untuk olahraga dan untuk memberikan efek energik pada tubuh karena mendapatkan suplai energi yang konstan dan karena proses pencernaan yang lama membuat kita akan merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Disamping itu karbohidrat jenis ini biasanya memilii kandungan serat yang akan membantu sistem pencernaan. Karena lambat diserap oleh tubbuh maka karbohidrat ini akan memberikan asupan tenaga yang berkelanjutan sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama.
Karbohidrat memiliki beberapa peran penting dalam tubuh manusia.Jika mereka beranggapan bahawa karbohidrat yang sangat berpengaruh terhadap berat badan mereka,mereka salah. Apa lagi jika mereka menghilangkan asupan karbohidrat pada menu makanannya. Karena inti dari kenapa terjadinya penumpukan lemak bukan terletak dari zat karbohidrat itu sendiri akan tetapi merupakan akumulasi dari protein, lemak, dan karbohidrat yang berlebihan dan ditotalkan dalam bentuk kalori.

Padahal di dalam karbohidrat itu memiliki beberapa fungsi bagi tubuh manusia ,yaitu:

1. Sebagai sumber energi
2. Penghemat protein
3. Pengatur metabolisme lemak,dan
4. Membantu pengeluaran feses

Yang menjadi dasar diet ini adalah ,jika kita memotong konsumsi karbohidrat  tubuh terpaksa membakar lemak karena tidak ada gula sebagai sumber energi dari karbohidrat.Tubuh yang membakar lemak ini membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat membakar karbohidrat. Itulah alasan diet tinggi protein dan rendah karbohidrat ini menurunkan berat badan lebih cepat

Resiko mengurangi karbohidrat

Kebanyakan dari para remaja dan orang dewasa,mereka beranggapan bahwa karbohidrat sangat berpengaruh kepada berat badan mereka.jika saja mereka tau banyak dampak buruk jika mereka menghilangkan karbohidrat sebagai menu makanan kita sehari-hari. Dan di bawah ini ada beberapa dampak melakukan diet karbohidrat,yaitu:

1. Mood buruk
2. Kemalasan
3. Kinerja otak melambat dan tidak fokus
4. Metabolisme lambat
5. Kelaparan 

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita untuk menjalakan diet karbohidrat yang baik:

1. Perhatikan porsi menu diet karbohidrat yang dikonsumsi utamakan karbohidrat lambat serap (karbohidrat kompleks)

Porsi makanan yang kita makan sangat berpengaruh terhadap program diet . Karbohidrat yang kita konsumsi sebaiknya seukuran genggaman tangan kita per satu kali makan. Karena karbohidrat menyumbang cukup banyak kalori di setiap pola makan maka kita harus bijak dalam mengkonsumsinya dan karena vital fungsi karbohidrat bagi tubuh kita juga tidak boleh menghilangkan karbohidrat didalam diet kita.

2. Perhatikan waktu makan (Food time management)
Karena karbhidrat ini sangat mudah disimpan didalam tubuh manusia.maka saat makan seharusnya memperhatikan jam makan kita.terutama saat makan malam. Pada malam hari, kadar melatonin akan meningkat. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh di malam hari untuk memperlambat pencernaan sehingga disarankan untuk memperkecil komposisi karbohidrat didalam pola makan kita ketika malam hari, atau kalau saya sarankan sebaiknya tidak usah mengkonsumsi karbohidrat saat malam hari karena resiko untuk dikonversikan menjadi lemak cukup tinggi karena pengaruh hormon melatonin ini. Dengan catatan kebutuhan karbohidrat harus terpenuhi sebelum malam hari. 

0 comments:

Post a Comment