WHAT'S NEW?
Loading...

Journey Diet Babibank Part 6

Berjumpa lagi kaula muda hahahha di part 6. Sedikit review di part 5 gw lebih ngejelasin apa yang menjadi dasar dari sebuah #babibankproject dan fase dimana antariksa mengalami kejenuhan maksimal dengan yg namanya diet. Nah artinya kan gw sendiri punya masa jenuh dan ada kalanya mengalami kegagalan juga. Di part 6 gw akan share mengenai tahap awal #babibankproject dimana journey part 6 ini sangat cocok bagi para pemula yg pengen nyoba2 fitness atau gym. Disini gw bakal bahas dengan detail bagaimana step stepnya dan tips2 bagi pemula. Singkat cerita UAN pun selesai tekat gw buat memulai #babibankproject sudah sangat bulat hahaha persis hari terakhir UAN yaitu ditanggal 16 April 2015 gw resmi memulai project ini dengan penuh semangat dan bener2 niat yg teguh.

 Karena kemaren niat nge gym dlu itu masih niat yang anget anget tai ayam aja hahahaha ga terlalu niat banget wkwk itu cuman penasaran aja deh lebih tepatnya. 
Hari pertama mulai lah gw untuk pertama kalinya menginjakan kaki di tempat latihan setelah kurang lebih off selama 6 bulan dengan berat 75 kg. Oke gw sadar ini gendut banget wkwk karena kaca dimahesa sangat jujur bung wkkw tak ada dusta diantara kita hahahaha. Untungnya kali ini gw sudah ada bekal dari suhu algi wkwk jadi ga terlalu pelanga plongo di sana wkwk Tahap pertama yg harus dilaukakan pemula adalah pertama menyusun pola latihan, karena ibaratnya ini merupakan penentu arah latihan kita pengen gimana targetnya dan apa yang difokuskan. Dulu waktu itu aku dengan bodohnya ga paham gimana cara menyusun pola latihan wkwk alhasil pola latihan ku masih kacau tapi lmyn terstruktur. Saran ku untuk menyusun pola latihan itu harus memahami fungsi dari setiap gerakan yg kita lakukan jadi biar penyusunan pola latiham efektif. 

Contoh pola latihan versi #babibankproject:

Pola latihan:
Hari 1: Dada
1. Bench press: 4 set (diamond)
2. Incline bench press: 3 set (diamond)
3. Dumbell fly: 3 set (diamond)
4. Dumbell Butterfly: 3 set (diamond)
5. Chest press: 3 set (drop set)
6. Tricep (latihan standar tricep)
7. Latihan perut
8. Cardio: 15 menit (jalan cepat)

Hari 2: Punggung
1. Pull down: 4 set (diamond)
2. Close pull down: 3 set (drop set)
3. Back machine 3 set (diamond)
4. Back machine 3 set (diamond)
5. Back machine 3 set (diamond)
6. Deadlift : 3 set (diamond)
7. Bicep curl: 3 set (diamond)
8. Bicep hammer : 3set (diamond)
9. Bicep concentration: 3 set (diamond)
10. Latihan perut
11. Cardio: 15 menit (jalan cepat)

Hari 3: Bahu
1. Side lateral rise: 4 set (diamond)
2. Front latedal rise: 4 set (Drop set)
3. Dumbell military press: 4 set (diamond)
4. Shoulders press machine: 4 set (diamond)
5. Bicep curl: 3 set (diamond)
6. Bicep hammer : 3 set (drop set)
7.  Bicep concentrafion: 3 set (diamond)
8. Cardio: 15 menit jalan cepat
Hari 4: Off

Hari 5: Kaki
1. Leg angle press: 3 set (diamond)
2. Leg squad press : 3 set (diamond)
3. Squad: 3 set (diamond)
4. Leg machine : 3 set (diamond)
5. Bicep curl: 3 set (diamond)
6. Bicep hammer : 3 set (drop set)
7.  Bicep concentrafion: 3 set (diamond)
8. Latihan perut
9.Cardio: 15 menit jalan cepat

Hari 6: Off

Catatan:
1. Diamond: Berat menengah-berat terberat ada istirahat usahakan 20-30 detik tiap set
2. Drop set: Berat terberat-berat teringam tanpa istirahat
3. Setelah hari ke 6 lanjut ke pola hari ke 1 lagi
4. Speed jalan cepat: 7.0 Incline: 2

Oke ini sifatnya optional ya mau nurutin apa engga sih terserah cuman waktu itu ini kuterapkan dan menurutku paling efektif karena setelah latihan 7 hari di gym aku baru bisa dan paham mengenai mekanisme setiap gerakan dan akhirnya aku bisa menyusun pola latihan. Tapi waktu dulu gw masih belum mengenal semacam metode diamond dan drop set karena keterbatasan ilmu wkwk tapi bagi pembaca aku sudah membuatkan pola latihan yang kurasa ini efektif ko. Tahapan yang kedua yang harus kalian lakukan adalah membuat pola makan yg seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi kalian agat dapat menunjang performa latihan dan mengefektifkan hasil latihan. Kadang gw sering mendengar mengenai masalah nutrisi yang biasanya ditanyakan oleh para pemula, "Kuli-kuli ko badannya bisa six pack gitu padahal makannya cuman nasi bungkus?" Jawabannya simpel "Apakah kamu mau membentuk badan yg hasilnya baru keliatan setelah belasan hingga puluhan tahun? :)" Nah kalo mau target lama ya silahkan wkwk kalo aku sih maunya yg cepet ntar keburu tua hahahahaa jadi menurutku faktor nutrisi sangat penting.

 Dan aku memegang prinsip dalam pembentukan badan 70% diet dan 30% latihan. Jadi komposisi pola makan mengambil peranan yg sangat banyak dalam pembentukan badan karena ibaratnya mereka adalah bahan bakunya. Kalo kita mau memproduksi suatu barang kalo bahan bakunya kurang pasti akan lama kan jadinya?. Dulu aku masih belum terlalu paham mengenai nutrisi jadi gw hanya memahami mengenai protein saja. Padahal kebutuhan manusia itu bukan hanya makro nutrisinya (karbohidrat,protein,serat) saja akan tetapi kita harus memperhatikan mikro nutrisi seperti vitamin dan mineral. Sayangnya pada tahap awal aku memulai #babibankproject ini aku belum paham betul mengenai kebutuhan mikro dan makro ini. Jadi aku hanya memfokuskan pada protein saja. Tapi gakpapalah namanya juga pembelajaran pastinya ada kesalahan yang dapat kita ambil pelajaran. Di part 6 ini aku bakal share pola makan yang menurutku efektif dan baik untuk diet penurunan berat badan pola makan ini aku buat setelah aku memahami cukup dalam mengenai masalah diet dan metode yang kucoba share yaitu sistem carbs cycle yang kurasa ini cukup efektif dalam diet penurunan berat badan serta pembentukan. 

Contoh pola makan:

Pagi:
Sarapan: Pisang+kopi/teh (boleh gula tropicana)(kopi hitam tanpa krimer)
Cemilan: Buah

Siang: 
Makan siang: Protein+Sayur+Nasi merah

Sore: Oatmeal(4sendok makan)+susu 

Malam:
Makan malam: Protein+sayur+Nasi merah
Sebelum tidur: putih telur (100-200 gr)

Catatan:

1. Senin-Rabu: Nasi merah masaknya 60 ml aja
2. Kamis: Nasi Merah masaknya 80 ml
3. Jummat: Nasi merah masaknya 60ml
4. Sabtu/minggu: Carbs blits boleh konsumsi karbo 4gr×berat badan jd nasi merah boleh masak 120 ml
5. Buah saran: bengkoang,nanas,pepaya,, semangka,melon
6. Sayur saran : Sayuran dimasak jangan lama dan usahakan minimalkan bumbu contoh lalapan dan kurangi garam dalam sayur
7. Setiap masakan kurangi penggunaan gula dan garam seminimal mungkin
8. Substitusi garam ke garam rendah sodium contoh garam lasosa
9. Air putih target 1hari : 3 liter
10. Buah 1 porsi: 250 gr
11. Asupan air harus tetap jadi tubuh tetap terhidrasi, contoh: setengah jam/satu jam sekali minum air putih

Atau yang mau nyusun sendiri pola makannya bisa ko sesuai selera simpelnya aku buatin rulesnya gini. 
Rule dari carbs cycle itu:
Day 1 (Low carbs): tanpa karbo sama skli (masuk protein dan serat (sayur aja tanpa buah)
Day 2 (Low carbs): tanpa karbo sama skli (masuk protein dan serat (sayur aja tanpa buah)
Day 3 (low carbs): tanpa karbo sama skli (masuk protein dan serat (sayur dan boleh buah)
Day 4 (medium carbs): karbo masuk kira2 segempal tangan (masuk protein dan serat (sayur dan boleh buah)
Day 5 (High/Blits carbs): karbo masuk bebas (masuk protein dan serat (sayur dan boleh buah)
Day 6(medium carbs): karbo masuk segempal tangan (masuk protein dan serat (sayur dan buah masuk)
Day 7 (low carbs): Ulangi ke day 1 wkwk

Nah sudah lumayan jelas kan??? Tapi ini pola makan lebih kusarankan bagi yang ingin mencoba menurunkan berat badan. Carbs cycle menurutku lmyn efektif karena pada metode ini mencoba untuk mencut karbohidrat yg menyumbang cukup banyak kalori. Dan memaksimalkan asupan protein dan serat, tetapi menggunakan sistem carbs loading di hari high/blits carbs untuk menjaga kadar glikogen didalam tubuh. Tapi kusarankan bagi penderita darah rendah kurang dianjurkan karena takutnya darah rendahnya kambuh. Tapi dulu waktu awal 4 bulan nge gym di mahesa itu aku masih ngawur pola makannya wkwk belum paham dan kenal dengan carbs cycle, tapi aku masih menerapkan diet 1500 kalori dengan catatan asupan protein 3x berat badan tercukupi. 
Nah setelah kurang lebih 4 bulan latihan itu aku baru merasakan gimana besarnya pengaruh nutrisi dan kualitas pola latihan karena hasilnya sangat terlihat karena aku sudah bisa menurunkan berat badan hingga ke 65 kg lagi! WOWWWW dalam 4 bulan wkwk senang wkwk di fase ini aku sudah menggunakan whey protein dari met-rx yg isolate hehehe karena aku pikir whey protein sangat penting fungsinya dalam diet dan pembentukan badan. Nah di fase ini temen2ku banyak yg kaget melihat perubahan ku karena liburan sekolah habis uan kami jarang bertemu karena masing2 sibuk mengurus untuk masuk Perguruan tinggi ada yang les keluar kalimantan dan ada yg macem2lah hahahaha setelah melihat perubahan ku yg cukup signifikan dalam 4 bulan. Beberapa temenku yang menanyakan mengenai pertanyaan yg kurasa konyol "Mau segede ade rai kah?" Oke ini pertanyaan konyol wkwk pertama ade rai adalah atlit binaraga puluhan tahun dan aku ga tau masih dia user dari steroid atau engga tapi yg jelas aku gak mungkin bisa segede itu :) karena aku memutuskan untuk menjadi natural saja hehehe. Dan yang kedua aku baru 4 bulan juga wkwk mustahil bisa segede itu. Dan yang ketiga "Kalo aku nge gym tapi jangan gede2 ntar seram" Oke ini pertanyaan yg paling lucu wkwk dan konyol lah hahaha pertama lo kira nge gym sekali dua kali bisa berotot? Membentuk otot itu lama banget serius deh tahunan dan bahkan belasan tahun :) dan menjadi sebesar mereka itu juga susah banget wkwk kalo enak mah kita bakal menjumpai banyak ade rai di jalanan bro hahahaha dan pertanyaan ini juga lucu loh "Kalo aku ngegym terus berhenti ga latian lagi ntar tangan ku glemer" Jawabannya simpel yaiyalah! Sama kayak lo lama ga main bulu tangkis atau futsal pas main lagi pasti pukulannya lepas2 lah atau tendangannya ga akurat lagi. Seperti itu lah juga dengan tubuh anda kalo ga dilatih :) Dan ada juga beberapa pertanyaan dari cewek yg nanya gini "kalo aku nge gym ntar aku berotot ga mau" Dear cewek cewek anda tidak bisa berotot :) karena kalian gak dominan hormon testosteron nya jadi gak bisa berotot tenang aja :) yg ada kalian malah jadi semakin fit percaya deh wkwk ko agnes monica bisa berotot? Perkiraanku cuman 2 pertama dia menggunakan testo booster atay HGH (Human Growth Hormone). Sekian untuk Journey Babibank part 6 ini wkwk sampai bertemu di part 7 ya! Jadi yg masih bingung gimana memulai latihan fitness bisa membaca part 6 ini semoga membantu :)

Dan bonus penampakan ketika progress sampe ke 65 kg


CONTACT:


ONLY Whatsapp: 087816678146
Line: riksasmp1
YM: remis123@ymail.com
HP: 087816678146 [Recommended Fast Response]
 BBM: 79A1BA11[Recommended Fast Response]
Id Kaskus: riksasmp1
 IG: @Antariksariksa
Twitter: @Antariksariksa 

0 comments:

Post a Comment