WHAT'S NEW?
Loading...

Pendidikan Agama Islam (Drs. BARMAWI MUKRI, S.H., M.Ag) Universitas Islam Indonesia Fakultas Hukum



*Aqidah (keyakinan, Ikatan)

Adalah Dalam ajaran Islam, aqidah Islam (al-aqidah al-Islamiyah) merupakan keyakinan atas sesuatu yang terdapat dalam apa yang disebut dengan rukun iman, yaitu keyakinan kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta taqdir baik dan buruk. 

*Iman adalah mengikrarkan dengan lisan, meyakini dalam hati dan melaksanakan apa yang diyakini, apa yang diikrarkan dalam perbuatan sehari-hari

*Aqidah+Iman terumuskan dalam rukun iman yang 6

*Pandangan Islam tentang tuhan
--> Tuhan adalah zat yamg mana gaib, zat maha pencipta, zat maha kuasa dalam Al-Qur'an Tuhan disebut Allah=Ilahun. Allah adalah Tuhan nya orang Islam (terdapat di surah Al-Ikhlas). Terdapat juga dalam kalimat setiap kata surah: Subhanallah= Maha suci Allah
1. Tidak ada yang menyamai
2. Suci zat/suci perbuatannya (ada dalam surah yasin
3. Suci sifatnya

*Konsep Al-Quran tentang Allah 
1) Maha wujud
--> wujud allah itu keniscayaan sedangkan wujudnya makhluknya Allah itu tergantung Allah. (Al-Baqarah/115 : Arah timur dan barat kepunyaan Alah maka dimanapun kamu menghadap maka disanalah wujud Allah.

2) Maha Esa
--> (Al Ikhlas ayat 1 dan Al-baqarah 163 dan tuhanmu itu adalah tuhan yang maha Esa, tidak ada tuhan melainkan dia yang Maha Rahman dan Rahim (Al-Anbiyah ayat 23)

3) Tidak terikat dalam ruang dan waktu (Al-Baqarah ayat 115 dan surah Khof/ 16 dan sungguh kami telah menciptakan manusia dan kami mengetahui apa yang ada dalam dirinya dalam batinnya dan aku adalah lebih dekat dari manusia seperti dekatnya urat nadi dalam tenggorokan.

4) Maha Pencipta (Al-anam ayat 102): Tidak ada tuhan melainkan dia yang menciptakan segala sesuatu maka hendaklah kamu menyembahnya (Al Ankabut ayat 61): Dan andaikata kamu berkata pada mereka. Siapa yang menciptakan langit dan bumi dan yang menciptakan matahari dan bulan dan sungguh mereka akan menjawab yang menciptakan semua itu adalah Allah.

5) Pemberi Rahmat (Al-Fatihah ayat 1-4 dan Al-Baqarah 137: Sesungguhnya dia ALlah itu maha penerima taubat dan kasih sayang

6) Maha hidup/berdirri sendiri (AL-Baqarah/255 (Ayat kursi) : Tuhan kita tidak ada yang menyamai .

7) Maha Kuasa (Al-Maidah ayat 17) : Kekuasaan dilangit dan dibumi itu yang menguasia Allah dan segala sesuatu diantaranya yang menguasai itu ALlah, Allah itu mencitakan asas kehendaknya Allah itu Maha Kuasa.

8) Maha Melihat, Maha mendengar (Al-Baqarah ayat 96) dan Allah itu maha melihat pada apa yang kamu kerjakan. Al-baqarah ayat 127: sesungguhnya engkau itu Allah maha mendengar dan maha mengetahui.

9) Maha Adil (an-nisa ayat 40) sesungguhnya Allah itu tidak akan berbuat zalim/berbuat didak adil walaupun seberat atom

10. Maha Kaya (Al- Baqarah ayat 263): Allah itu maha kaya dan pengasih

11) Maha terpuji (Surah Yunus ayat 10):

@Pandangan Filosofi Islam tentang Alam

1. Iman Welcon 
--> Tokoh filsafat idealisme dia menatakan alam dunia itu tidak kongkrit dan tidak real tapi semu. Alam yang haqiqi adalah alam setelah dunia
2. Hegel
--> Tokoh Filsafat materialisme. Bahwa alam dunia itu merupakan dunia materi yang kongkrit yang ada maksudnya kehiduapan alam rohani/gaib itu tidak ada alam gaib itu hanya khayalan manusia, termasuk tuhan dan surga dan neraka yang gaib itu tidak ada didalam alam dunia dan alam materi kebagiaan diukur dengna materi. Agama dan ajarannya tentang gaib itu adalah candu masyarakat.

@Konsep Islam tentang Alam Dunia

*Menurut Al-Qur'an dunia ini diciptakan Allah dengan sengaja dan bersifat kongkrit. Allahlah yang mengatur dan memeliharanya, alam seiisinya tunduk pada Allah. Alam dunia ini tidak kekal ada awal dan akhirnya. Pada akhirnya alam dunia ini akan hancur pada hari kiamat. Menururt pandangna Islam: Alam dunia ini sebagai tempat untuk beribadah, beramal saleh, bekerja keras, dan berkarya. (Surah Ibrahim ayat 19): Apakah kamu tidak mengetahui bahwa Allah tela menciptakan dunia / alam ini dengan kongkret: Al-An'An ayat 73

*Alam dijadikan dengan teratur dan indah (Al0Mukminun Ayat 17-18: Sungguh kami telah menciptakan diatasmu 7 langit dan kami tidak pernah lupa mengaturnya. Allah mengatur alam ini dengan sunatu Allah.

@Cara mengenal Allah

1. Jalan melalui fitrah/Naluri manusia bertuhan

*Setiap bayi yang lahir dalam keadaan fitrah kecuali ortu mendidik anaknya menjadi yahu, nasrani atau sejenisnya
Fitrah= Mengakui tuhan yang maha esa

2. Melalui Akal

*Manusia dikarunia akal supaya mereka berfikir (Ali-Imran/ayat 191)
Mereka sama berfiikir bagaimana perciptaan bumi dan tuhan (Allah) Menciptakan alam semesta

3. Menerima wahyu yang diturunkan rasul

Didalam wahyu tersebut dijelaskan bahwa yang menciptakan alam semesta beserta isinya bahwa Allah yang menciptakan semuanya.

@Definisi Manusia

*Salah satu makhluk hidup yang menjadi salah satu populasi bumi yang berkemauan bebas memiliki rasa tanggung jawab bersifat taaruf dan salah satu makhluk Allah yang diciptakan oleh Allah

@Proses terjadinya manusia

*QS AL-Mukminun ayat 14 "Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik."(Q.S. Al- mu'minun : 14)

@fungsi Manusia

1. Khalifah Allahdibumi Q.S Al-Baqarah ayat 30
2. Memakmurkan dan menggarap bumi Qs. Hud Ayat 60
3. Beribadah QS. Adzariat ayat 56

@Kedudukan Manusia

1. Salah satu makhluk Allah yang tertinggi atau yang tersempurna
*Manusia diberi akal agar dia bisa berfikir kejadian yang sedang terjadi dan akan terjadi dan juga telah terjadi Qs. Al Baqarah 164

*Manusia yang betanggung jawab atas segala perbuatannya
Qs. An-Nahl (ayat 93) 

*Manusia sebagai Khalifah
*Melaksanakan segala sesuatu yang diridhai Allah, tugas pokok melindungi segala kekayaan alam dan memakmurkan hidup manusia.
*Beribadah (Qs. Adzariat (ayat 56)

@Faham Beragama

Manusia beragama, secara monoteisme--> Mono 1, Teos= Tuhan Isme=Faham --> Faham yang memahami tuhan itu satu. Kalau ada manusia tidak bertuhan maka melebihi iblis karena manusia diberi akal fikiran. Adam manusia pertama

#Faham Animisme
#Faham Dinamisme
#Faham Polytiesme
$Faham Atheisme
#Faham Sekularisme
#Faham Materialisme
#Faham Empirisme
#Faham Positif Neuralisme

@Beragan cara memandang agama

1. Secara Simbolis
--> sebatas hanya untuk sekedar memperoleh status tidak substantif, harga diri, rasa aman, tidak sungguh-sungguh. Jadi agama tidak merubah orangnya.

2. Secara hakiki/Interinsik

--> Dia memandang agama Islam sebagai petunjuk hidup ajarannya harus diajarkan secara menyeluruh tanpa tawar-menawar. Dia beragama secara substantif

*Setiap orang harus keluar dari 3 kegelapan

1. Keluar dari kebodohan agama Islam
2. Keluar dari lingkaran kemaksiatan menuju kehidupan ketaatan pada Allah dan Rasulnya
3. Orang harus keluar dari penindasan dan menuju kehidupan kepada kehidupan yang bebas: Menegakan keadilan, bebas bekerja. 

@Prinsip perubahan dalam Islam 
*Perubahan Individu dimulai dengan peningkatan:
1. Dimensi intelektual (kecerdasan, ilmu)
2. Dimensi idiologi (keyakinan yang harus di perjuangkan)
3. Dimensi ritual (berdoa
4. Dimensi Sosial

Ciri-ciri apa yang mabuk teknologi:
*Menyelesaikan kebutuhan hidup secara realistik, rasional dan cepat dan diatasi dengan teknologi modern
*Memuja kemajuan yang modern
*Tidak mau hidup susah, maunya yang gampang-gampang kalau perlu tidak mengenal haram-halal
*Teknologi dianggap tuhannya, hidupnya menjadi individualistik, egois, masa bodoh terhadap yang lain


@Faedah Beragama
1. Sebagai pedoman dan petunjuk hidup
2. Pedoman membedakan yang halal dan haram dan memisahkan yang benar dan yang salah
3. Pedoman dalam mendekatkan diri pada Tuhan
4. Pedoman dalam hidup bermasyarakat dan bernegara

CONTACT:

ONLY Whatsapp: 087816678146
Line: AntariksaBabibank
YM: remis123@ymail.com
HP: 087816678146 [Recommended Fast Response]
 BBM: 79A1BA11[Recommended Fast Response]
Website: www.chinofashionjogja.com
Id Kaskus: riksasmp1
 IG: @Antariksariksa
Twitter: @Antariksariksa 

0 comments:

Post a Comment