WHAT'S NEW?
Loading...

Studi Kepemimpinan Islam [Part 1] Universitas Islam Indonesia Fakultas Hukum



§   Studi Kepemimpinan Islam
  Pengertian Kepemimpinan
§             Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin mendapat awalan ke dan akhiran an yang menunjukkan sifat yang dimiliki pemimpin itu.
§              Banyak definisi yang dikemukakan oleh para pakar  menurut sudut pandang masing-masing, di antaranya adalah:
             Hadipoerwono, Kepemimpinan adalah kemampuan seseoarang dalam mengkoordinasikan   dan menjalin hubungan antara sesama manusia sehingga mendorong orang lain untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan hasil yang maksimal (Tata Personalia, Bandung, Jembatan, 1982:40).  
             KOONTZ & O’DONNEL,Proses   mempengaruhi sekelompok orang sehingga mau bekerja dengan sunguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompok. (dikutip oleh Imam Moedjiono, UII Press,2002).
§   Georger R. Terry, Kegiatan mempengaruhi orang-orang untuk bersedia berusaha mencapai tujuan bersama (Aunur Rohim Faqih, hlm. 2).
Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sudut pandangan yang dilihat oleh para ahli tersebut adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
Definisi yang lain, misalnya menurut Fiedler, kepemimpinan pada dasarnya merupakan pola hubungan antara individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan.
Dari empat difinisi tersebut ada beberapa unsur yang mendasari perumusan definisi tersebut, yakni:
1. Kemampuan mempengaruhi orang lain (kelompok/bawahan)
§   LANJUTAN
§   2. Kemampuan mengarahkan atau memotivasi tingkah laku    orang lain atau kelompok.
3. Adanya unsur kerjasama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sifat Dasar Kepemimpinan:
1. Kecakapan memahami individu, artinya mengetahui bahwa setiap manusia mempunyai daya motivasi yang berbeda pada berbagai saat dan keaadaan yang berlainan.
2. Kemampuan menggugah semangat dan memberi inspirasi.
3. Kemampuan melakukan tindakan dalam suatu cara yang dapat mengembangkan iklim yang mampu memenuhi dan sekaligus menimbulkan dan mengendalikan motivasi-motivasi.

§   LANJUTAN
§   KEPEMIMPINAN ISLAM
§   Istilah-istilah kepemimpinan  dalam Islam:
§   Khalifah: dari khalafa, di belkang, mengganti khalifah, Al-Baqarah ayat 30, yang artinya: “Ingatlah ketika Tuhan-Mu berfirman kepada para malaikat, “Aku akan menciptakan khalifah  di bumi”.
§   Imamah, meneladani dan memimpin. Dari kata ii kemudian muncul kata imam, yang berarti  pemimpin atau orang yang memimpin. Dengan demikian, seorang imam harus mampu menjadi teladan bagi anggota-anggotanya, misalnya dalam hadis “arb’atun yudhilluhumu Allah…. Imamun ‘Adilun”.
§   Ulul Amri, pemimpin, artinya orang yang punya urusan dan mengurus, An-Nisa ayat 59: … waulil amri minkum

§   LANJUTAN
§   Wali, berarti memerintah, menguasai menyayangi, menolong. Hal ini memberikan isyarat bahwa seorang wali (pemimpin) disamping harus mempunyai kekuasaan  dan mampu mengurus , dia juga harus mempunyai sifat kasih sayang (berjiwa penolong). Baca QS al-Maidah ayat 55= yang artinya “Sesungguhnya Wali  (penolong) kalian hanyalah Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yg beriman…”.
§   Rai’in, (penggembala). Hal ini memberi isyarat bahwa seorang pemimpin (raa’in) harus mempunyai daya menggembalakan, mampu memelihara kelangsungan organisasi yg dipimpinnya. HR. al-Bukhari, yang artinya “Setiapkali adalah raa’in (penggembala) dan setiap kalian akan dimintai pertnggung jawabannya”. 
§   Kepemimpinan Islam=  Kegiatan menuntun, membimbing, memandu dan menunjukkan jalan yang diridlai Allah.
§   PENDEKATAN KEPEMIMPINAN ISLM
§   Pendekatan normatif=  Pendekatan berdasarkan Al-Qur’an dan al-Hadis yang mengandung 4 prinsip pokok dalam kepemimpinan yakni= tanggung jawab dalam organisasi, prinsipa etika tauhid, prinsip keadilan, dan prinsip kesederhanaan.
§   Pendekatan historis= Al-Qur’an sangat  kaya akan kisah-kisah  umaat masa lalu sebagai pelajaran umat masa kini, dan yang akan datang.
§   Pendekatan teoretis=  bahwa Islam adalah idiologi terbuka, hal ini berarti  bahwa walaupun dasar-dasar kepemimpinan sudah diatur dalam Islam secara sempurna, akan tetapi Islam tidak menutup kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide dan konsep pemikiran dari luar Islam, selama konsep pemikiran tersebut tidak bertentangan dengan al-Qur’an dan al-Hadis dan membawa maslahat bagi masyarakat banyak.
§   DASAR-DASAR KONSEPTUAL KEPEMIMPINAN ISLAM
§   Prinsip Tauhid=  Islam mengajak ke arah kesatuan akidah di atas dasar yang dapat diterima  oleh berbagai umat, yakni tauhid, antara lain dapat dilihat dalam  QS Ali Imran:64  yang artinya “Katakanlah Muhammad,  “Wahai Ahli Kitab! Marilah kita menuju kepada  satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah  selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dg sesuatu pun….
§   Prinsip syura, sebagaimna dapat dilihat dala QS Asy-Syura’ ayat 38 yang artinya “… sedang urusan mereka diputuskan  dengan musyawarah di antara mereka, …
§   Prinsip keadilan= QS an-Nahl ayat 90 Inna Allah ya’muru bi al-’Adl
§   Prinsip persamaan= al-musawa) QS. Al-Hujurat ayat 13
§   Prinsip kemajemukan (al-Ta’addudiyah) QS ar-Rum ayat 22 “wamin ayaatihi khalqu assamawati wal al-ardi  wakhtilafu alsinatikum wal alwanikum” …. Prbedaan bahasa dan kulitmu”..
§   Prinsip kemerdekaaan (al-Hurriyah),  QS Iqra’ = bebas berbicara an berbuat, bebas dari kekurangan dan beragana



§   URGENSI KEPEMIMPINAN
§   Urgensi kepemimpinan dalam Islam dapat dipahami dari hadis Nabi Muhammad SAW. “Idza kharaja tsalatsun fi safarin falyuammiru ahadahum  (Apabila keluar tiga orang dalam suatu perjalanan, hendaklah salah seorang mereka itu dijadikan pemimpin).
§   Ibn Taimiyah mengomentari  hadis tersebut  bahwa “Rasulullah saw. Mewajibkan mengangkat seorang pemimpin meskipun dalam kelompok yang kecil yang bersifat sementara dalam perjalanan.
§   Lebih lanjut Ibn Taimiyah berkata “ Allah mewajibkan amr ma’ruf nahi munkar”  hal-hal tsb tidak dapat terealisir melainkan dengan kekuatan dan pimpinan.
§   TABIAT KEPEMIMPINAN
§TEORI KELAHIRAN PEMIMPIN
§TEORI HERIDITAS (keturunan): Pemimpin muncul dari orang-orang terkemuka.Ciri-cirinya sifat yang dominant adalah kurang demokratis dan kharismatik.Dalam perspektif Islam teori ini sangat diterministik shg menganggap lingkungan keluarga dan social tidak berpengaruh padahal ada hadis Nabi saw yang menjelaskan ttg hal tsb: Kullu mauludin yuladu ‘ala alfithrati faabawahu yuhawwidaanihi aw yunashshiraanihi aw yumajjisaanihi.
§TEORI ENVIRONMENTAL (lingkungan).Pemimpin muncul krn Faktor lingkungan. Teori ini kebalikan dari teori pertama yang kurang memperhitungkan factor keturunan untuk menjadi seorang pemimpin. Ciri-cirinya demokratis dan kepiawian. Dalam perspektif Islam faktor keturunan juga cukup signifikan utk melahirkan seorang pemimpin oleh karenanya Nabi menganjurkan utk mencari pasangan hidup dari bibit atau keturunan yang baik.
§TEORI KONVERGENSI (Campuran antar keduanya). Menganggap kedua-duanya signifikan. Model ini lebih banyak diterima masyarakat modern, khususnya negara2 demokratis.
§    

§   TIPE DAN GAYA KEPEMIMPINAN
§   Tipe otokratis: memperlakukan organisasi yg dipimpinnya sbg milik pribadi. Tipe kepemimpinan ini biasanya menggunakan gaya  inspektif dan investigatif.  Kelemahannya antara lain: para bawahan merasakan tekanan psikis dan tekanan pengembangan karier, bawahan takut utk bersalah, produktivitas kerja adakalanya sengaja diturunkan.
§   Tipe paternalistik: Pemimpin cenderung menganggap yg dipimpin tdk dewasa. (lebih menonjolkan figur, kalau figurnya wafat organisasi mjd stagnan, mundur atau runtuh. Gaya kepemimpinan tipe ini biasanya: edukatif, naratif, motivatif, gaya persuasive, inovativ dan gaya represif. Gaya ini bisa positif kalau pribadinya baik yaitu bertindak sbg ayah yg bijaksana, ttp menjadi negative apabila pribadi ayah tdk ditunjang hal-hal positif dan visioner.
§   Tipe Militeristik: Tdk hrs dlm organisasi militer ttp gaya kepemimpinannya spt militer yakni perintah pemimpin harus ditaati scr mutlak (garis komando). Gaya kepemimpinannya: instruktif, investigative, dg dmik, hal2 yg bersifat  inisiatif, inovatif, dan kreatif produktif kurang mendapat  saluran.

§   lanjutan
§   Demokratis: Pemimpin berusaha menyinkronkan antara kepentingan dan tujuan organisasi dg kepentingan dan tujuan yg dipimpinnya. Gaya kepemimpinan tipe ini adalah inspektif, inovatif, persusif atau bahkan gaya partisipatif. Oleh karenanya tipe ini kerjasama dalam organisasi merupak swt keniscayaan.
§   Tipe kharismatik: Pemimpin mempunyai daya pikat yg sangat besar/sangat berpengaruh thd pengikutnya. Tipe ini cenderung menonjolkan figure, banyak pengikutnya dan fanatic, mengkultuskan sang pemimpin. Gaya kepemimpinan tipe ini adalah motivatif, edukatif, dan partsipatif. (Referensi: Drs. H. Muhadi Zainuddin Lc. Studi Kepemimpinan Islam,Drs. Sukrana, Kepemimpinan dalam Administrasi, dan  Imam Moedjiono, Kepemimpinan dan Keorganisasian). 


§   SIFAT-SIFAT KEPEMIMPINAN
§  Ordway Tead mengemukakan 10 sifat-sifat pemimpin sebagaimana dikutip oleh Kartini Kartono:
­  Energi jasmaniah dan mental (physical and nervous energi)
­  Kesadaran akan tujuan dan arah (A sense of purpose and direction)
­  Antusiasme (enthusiasm; semangat/optimisme, kegairahan, kegembiraan yang besar)
­  Keramahan dan kecintaan (friendliness and effection)
­  Integritas (integrity, keutuhan, kejujuran, ketulusan hati)
­  Penguasaan teknis (technical mastery)
­  Ketegasan dalam mengambil keputusan (decisiveness)
­  Kecerdasan (intelligence)
­  Keterampilan mengajar (teaching skill)
­  Kepercayaan (faith) (Kartini Kartono: Pemimpin dan Kepemimpinan, hlm. 44-47)

§   LANJUTAN
§  George R. Terry juga menuliskan 10 sifat pemimpin yang unggul sebagaimana dikutip oleh Kartini Kartono:
  Kekuatan
  Stabilitas emosi
  Pengetahuan tentang relasi insani
  Kejujuran
  Obyektif
  Dorongan pribadi
  Keterampilan berkomunikasi
  Kemampuan mengajar
  Keterampilan social
  Kecakapan teknis dan kecakapan manajerial (Kartini Kartono: Pemimpin dan Kepemimpinan, hlm. 49-50)

§   ETIKA PROFESI PEMIMPIN

§   Standar aturan prilaku dan moral yang mengikat profesi tertentu (kepemimpinan).
§   Fungsi kode etik: pengendalian atau pengawasan organisasi
§   Adapun prinsip-prinsip etika berorganisasi adalah :
§   1. Menjaga perasaan orang lain,
§   2. Memecahkan masalah dengan rendah hati,
§   3. Menghindari pemaksaan kehendak tetapi menghargai pendapat orang lain,
§   4. Mengutamakan proses dialogis dalam memecahkan masalah,
§   5. Menanggapi suatu masalah dengan cepat, dan sesuai dengan keahlian (competence),
§   6. Menyadari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki (improving value),
§   7. Mengedepankan sikap jujur, disiplin, dan dapat dipercaya.
§    
§    

§   LANJUTAN
§   Upaya menerapkan prinsip-prinsip etika dalam kepemimpinan bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk kebutuhan itu diperlukan suatu kesamaan persepsi untuk apa organisasi dijalankan. Dalam arti diperlukan suatu komitmen para pelaku organisasi menyamakan langkah tindak untuk mewujudkan tujuan organisasi.
§   Satu hal lain yang juga penting adalah pemberlakuan sanksi yang dapat dijadikan sebagai dasar bagi proses pembelajaran atas kesalahan yang diperbuat pelaku organisasi. Sanksi dapat diberlakukan tanpa harus adanya diskriminasi. Oleh karena itu setiap organisasi hendaknya mempunyai ”kode etik organisasi” yang berfungsi sebagai alat pengendalian atau pengawasan organisasi.
§   Kode etik organisasi dan perencanaan strategis (renstra) organisasi dapat dijadikan sebagai pedoman oleh majelis pertimbangan organisasi mengawasi jalannya roda organisasi.
§   Kode etik organisasi disusun berdasarkan pertimbangan beberapa faktor :
§   1. Peraturan dan ketentuan yang disepakati,
§   2. Sinergitas,
§   3. Persaingan yang sehat, competition is matter of spirit, not strength
§   4. Tanggung jawab atau integritas,
§   5. Hubungan kerja
§   6. Aspirasi.
§    

§   REALITAS KEPEMIMPINAN ISLAM (KEPEMIMPINAN NABI MUHAMMAD SAW.
§   KEPEMIMPINAN KHULAFA’ AL-RASYIDIN
§   KEPEMIMPINAN NABI MUHAMMAD DI MAKKAH
           Periode Makkah
ü    Lahir di Makkah 12 Rabiul Awwal 571 M.
ü    Keturunan Suku Quraisy yang dikenal dengan pemimpin besar dan terhormat di Jazirah Arab.
ü    Dilamar Khodijah karena keluhuran akhlaknya.
ü    Dipercaya menyelesaikan konflik Hajar  Aswad karena dikenal sebagai al-Amin (dapat dipercaya). Menyelesaikan konflik tersebut dengan cerdas.
§   LANJUTAN
ü   Jiwa kepemimpinannya didapat dari Kakeknya (Abdul Muthalib). Kemudian Pamannya (Abu Thalib) melalui “menggembala kambing dan berdagang”.
ü   Karekter kepemimpinannya merupakan gabungan dari teori heriditas (turunan Suku Quraisy) yang ditempa dengan pengalaman dalam lingkungannya (teori environmental).
ü   Dakwah dilakukan bertahap, dengan strategi yang tepat dan akhlak karimah.
ü   Salah satu strategi dakwahnya diawali dengan rekruitmen orang-orang kunci, yaitu Abu Bakar (Bangsawan), Utsman (Pengusaha), Khadijah (Wanita/Saudagar), Ali (Pemuda/Cendekiawan)    

§   KEPEMIMPINAN NABI MUHAMMAD DI MADINAH

ü    Periode kepemimpinan formal.
ü    Nabi tidak hanya menjadi pemimpin spiritual, namun juga pemimpin formal.
ü    Meletakkan dasar masyarakat Islami:
            Mendirikan Masjid Nabawi yang multi-purpose.
            Mempersaudarakan kaum muslimin (muhajirin-anshar).
            Membuat Piagam Madinah: Persatuan, kebebasan beragama, dll (47 Pasal).

§   LANJUTAN
ü   Dalam kaitannya dengan hubungan antar umat beragama, ada dua hal yang dituangkan dalam Piagam Madinah:
           Meskipun terdiri atas banyak suku, semua umat Islam merupakan saudara.
           Hubungan antara umat Islam dengan umat selainnya didasarkan pada prinsip-prinsip bertetangga yang baik, saling membantu dalam menghadapi musuh bersama, membela mereka yang teraniaya, saling menasehati, dan menghormati kebebasan beragama.

ü   Melakukan konsolidasi secara berkelanjutan, misalnya melalui Bai’at ‘Aqobah I dan II, dan menunjuk pemukanya untuk bertanggung jawab terhadap kaumnya.

§   LANJUTAN
ü   Bai’at ‘Aqobah I (11 Hijriyah), berisi:
           Tidak menyekutukan Allah dengan apapun juga, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anakmu, tidak akan berdusta untuk menutup-nutupi apa yang di depan atau dibelakangmu, dan tidak akan membantah perintahku dalam hal kebaikan.
           Jika kamu memenuhi janji, maka pahalanya terserah kepada Allah. Jika kamu melanggar janji itu, lalu dihukum di dunia, maka hukuman itu merupakan kafarat baginya. Jika kamu melanggar sesuatu dari janji itu, kemudian Allah menutupinya, maka urusannya terserah kepada Allah. Bila mengehendaki Allah akan menyiksanya, atau memberi ampunan menurut kehendak-Nya.   

§   LANJUTAN
ü   Bai’at ‘Aqobah II (13 Hijriyah), berisi:
           Mendengar dan taat tatkala semangat maupun malas
           Menafkahkan harta tatkala sulit maupun mudah
           Menyuruh kepada yg ma’ruf dan mencegah dari yg munkar
           Tegak berdiri karena Allah dan tidak merisaukan celaan orang yang suka mencela karena Allah
           Hendaklah kalian menolongku jika aku datang kepada kalian, melindungiku sebagaimana kalian melindungi diri, istri dan anak-anak kalian, dan bagi kalian adalah surga.   

§   KEPEMIMPNAN KHULAFA’ AL-RASYIDIN (632-661 M)
§   PEMERINTAHAN MEREKA DIANGGAP SEBAGAI PEDOMAN DALAM PERILAKU POLITIK DAN ADMINISTRASI
§   PEMERINTAHAN YANG TIDAK MELEMBAGA MENJADI SEBUAH DINASTI
§   HIDUP DAN KARYA MEREKA MENJADI SUMBER INSPIRASI
§   SELAMA 30 TAHUN MASA PEMERINTAHAN MEREKA, ISLAM MENYEBAR KE EMPAT PENJURU DUNIA

§   KHALIFAH ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ (632-634 M)
ü   Khalifah pengganti Rasulullah Muhammad SAW
     لستُ خليفة الله ولكنّي خليفة رسول الله صلّى الله عليه وسلّم
Saya bukan pengganti Allah, akan tetapi pengganti Rasulullah Saw

ü   Mengumpulkan al-Qur’an
ü   Kebesaran jiwanya tampak dari pidatonya saat dilantik menjadi khalifah

§   LANJUTAN
ü  Poin Pidato Abu Bakar”:
q   “Wahai manusia, aku telah diserahi kekuasaan untuk mengurus kalian, padahal aku bukanlah orang terbaik dari kalian.” à TAWADHU’
q   “Untuk itu, jika aku melakukan kebaikan, maka bantulah aku, jika aku berbuat salah, maka ingatkanlah aku.” à TERBUKA AKAN KRITIK
q   “Orang lemah di antara kalian adalah orang kuat di sisiku hingga aku berikan haknya insya Allah, dan orang kuat di antara kalian adalah orang lemah di sisiku hingga aku mengambil haknya darinya insya Allah.” à PEDULI KEPADA KAUM LEMAH
q   “Taatlah kalian kepadaku selama aku masih taat kepada Allah dan RasulNya. Jika aku bermaksiat kepada Allah dan RasulNya, maka bagi kalian tidak ada ketaatan kepadaku” à TUNDUK PADA ALLAH DAN ROSULULLAH

§   LANJUTAN
Nilai Kepemimpinan Abu Bakar:
            Bijaksana
            Tawadhu’
            Demokratis
            Terbuka akan Kritik
            Peduli kepada kesejahteraan rakyat
Nilai Kepemimpinan Abu Bakar:
            Bijaksana
            Tawadhu’
            Demokratis
            Terbuka akan Kritik
            Peduli kepada kesejahteraan rakyat

§   KHALIHAH UMAR BIN KHATTAN (634-644 M)

ü   Umar dikenal sebagai “al-faruq” karena ketegasannya dalam memimpi
ü   Menciptakan Penanggalan Hijriyah
ü   Umar tidak akan makan daging dan minyak samin sebelum kaum muslimin memakannya
ü   Jika ada anak kambing mati di tepi sungai Eufrat, maka Umar adalah orang yang paling sedih
ü   Kisah Ibu Vs Anak (susu)

§   LANJUTAN

Nilai Kepemimpinan Umar bin al-Khattab:
            Tegas
            Menolak Fasilitas Negara
            Sederhana Gaya Hidup
            Positive Thinking
            Administrator Ulung 
            Mengutamakan kepentingan rakyat
            Terbuka terhadap masukan

§   KHALIFAH UTSMAN BIN AFFAN (644-656 M)
ü    Memasukan hadiah mutiara ke Baitul Mal
ü    Pembangunan bendungan
ü    Pengaturan Irigasi
ü    Pembukuan Mushaf al-Qur’an
ü    Permasalahan sedemikian kompleks
ü    Dianggap nepotis karena pada masa kepemimpinannya banyak dipegang oleh keluarganya. Padahal utsman hanya mempertahankan jabatan pejabat yg diangkat oleh khalifah sebelumnya
ü    Demonstrasi dan pemberontakan tidak dapat dikendalikan, hingga Utsman terbunuh
Nilai Kepemimpinan Utsman bin Affan:
            Jujur
            Berhati lembut
            Dermawan
§   KHALIFAH ALI BIN ABI THALIB (656-661 M)
ü   Penggagas Tata Bahasa Arab (Ilmu Nahwu)
ü   Restrukturisasi  administrasi
ü   Mencopot gubernur dan pejabat yg diangkat khalifah sebelumnya
ü   Mengembalikan  tanah Negara yang dibagi-bagikan Utsman  bin Affan kepada keluarganya, seperti hibah dan pemberian yang tidak diketahui alasannya secara jelas
ü   Memfungsikan kembali baitul maal

§   LANJUTAN
ü  Disibukkan dg kasus terbunuhnya utsman ibn affan. Abdullah ibn saba sang provokator
ü  Thalhah, Zubair dan Aisyah menguasai Makkah hingga Bashrah. Thalhah dan Zubair gugur. Aisyah dipulangkan ke Makkah à Perang Jamal
ü  Persaingan & pembangkangan dari Mu’awiyah ibn Abi sufyan à Perang Siffin
ü  Tahkim (Perdamaian): Abu Musa al-Asy’ary vs Amr ibn ‘Ash. Ali harus melepaskan klaim sebagai khalifah, selanjutnya diadakan pemilihan baru
ü  Sekitar 2000 pengikut Ali kecewa dan menyempal (KHAWARIJ)
ü  Khawarij memberontak dan menciptakan huru-hara, berakhir dengan terbunuhnya Ali

§   LANJUTAN
Nilai Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib:
            Cerdas
            Pemberani
            Manajer yang baik

Perkataan Ali :
Sesuatu yang benar tetapi tidak dimanaj dengan baik, akan dikalahkan oleh suatu kebathilan yang dimanaj dengan baik.”


CONTACT: 

ONLY Whatsapp: 087816678146 
Line: AntariksaBabibank
 YM: remis123@ymail.com 
HP: 087816678146 [Recommended Fast Response] 
BBM: 79A1BA11[Recommended Fast Response] 
Id Kaskus: riksasmp1 
IG: @Antariksariksa 
Twitter: @Antariksariksa Testimonial=CENDOL



0 comments:

Post a Comment